Dalam Tafsir Ibnu Katsir, ada dua versi pada kalimat
وَفِي إِسْنَادِ
كُلٍّ مِنْهُمَا نَظَرٌ
Pertama,
وَفِي إِسْنَادِ
كُلٍّ مِنْهُمَا نَظَرٌ
Sesuai dengan redaksi:
- maktabah shamela dalam satu versi
- maktabah marji'ul akbar
- http://www.mtwer.com/Quran/t-56-1-79.html
- http://ar.wikisource.org/wiki/ via http://goo.gl/o33z5
Kedua,
وفي إسناد كل
منها نظر
Sesuai dengan redaksi:
- maktabah shamela dalam versi yang lain
- http://maktabah.jundumuhammad.net/read.php?vcid=8&vbid=41&vtocid=4519
- http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=1811&idto=1811&bk_no=49&ID=1869
Imam Ibnu Abi Syaibah dan Imam Addaara Quthni meriwayatkan : (sanad dan
matannya Ibnu Abi Syaibah):
حَدَّثَنَا أَبُو
مُعَاوِيَةَ ، عَنِ الأَعْمَشِ ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ ، عَن عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ
يَزِيدَ ، قَالَ : كُنَّا مَعَ سَلْمَانَ فِي حَاجَةٍ ، فَذَهَبَ فَقَضَي حَاجَتَهُ
ثُمَّ رَجَعَ ، فَقُلْنَا لَهُ : تَوَضَّأْ ، يَا أَبَا عَبْدِ اللهِ لَعَلَّنَا
أَنْ نَسْأَلَك عَنْ آيٍ مِنَ الْقُرْآنِ ؟ قَالَ : قَالَ : فَاسْأَلُوا ،
فَإِنِّي لاَ أَمَسُّهُ ، إِنَّهُ لاَ يَمَسُّهُ إِلاَّ الْمُطَهَّرُونَ ، قَالَ : فَسَأَلْنَاهُ ، فَقَرَأَ عَلَيْنَا قَبْلَ أَنْ يَتَوَضَّأَ.
"Telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah dari A'masy dari Ibrahim
dari Abdurrahman bin Yazid, berkata: kami bersama Salman dalam suatu hajat. Dan
beliaupun pergi untuk buang hajat dan beliau kembali. Kamipun berkata kepada
beliau,: “Berwudhulah Wahai Abu Abdillah, agar kami bisa bertanya kepadamu
tentang ayat-ayat al Qur’an”. Abdurrahman bin Yazid berkata, beliau (Salman)
berkata: “Silakan bertanya akan tetapi aku tidak akan menyentuhnya.
“Sesungguhnya tidaklah menyentuhnya melainkan orang-orang yang disucikan”. Kami
pun mengajukan beberapa pertanyaan kepada beliau dan beliau membacakan beberapa
ayat kepada kami sebelum beliau berwudhu.” (HR. Ibnu Abi Syaibah). Sumber
Kitab: Mushannaf Ibnu Abu Syaibah juz I halaman 103, hadits nomor 1106,
maktabah syamilah, dan Sunan Addaara Quthni juz I halaman 124, maktabah
syamilah. Sumber Link: http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=10&ID=96
dan http://islamport.com/d/1/mtn/1/56/2045.html
Addaara Quthni berkata:
كُلُّهُمْ ثِقَاتٌ
Semua rawinya tsiqoh.
DALIL DARI AL HADITS:
- Al Muwaththa:
بَاب الْأَمْرِ
بِالْوُضُوءِ لِمَنْ مَسَّ الْقُرْآنَ
Bab Perintah wudhu bagi orang yang menyentuh al Quran
680 - حَدَّثَنِي
يَحْيَى عَنْ مَالِك عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ حَزْمٍ أَنَّ فِي
الْكِتَابِ الَّذِي كَتَبَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ
"Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari Abdullah bin Abu
Bakr bin Hazm bahwa di antara isi surat Rasulullah shallallaahu 'alaihi
wasallam yang beliau tulis untuk 'Amru ibn Hazm adalah, bahwasanya: "Tidak
ada yang boleh menyentuh al Quran kecuali yang bersuci.". Sumber Kitab:
Tanwiirul Hawaalik juz I halaman 203-204, cetakan Toha Putera Semarang /
Muwaththa`u Maalik juz II halaman 278, maktabah syamilah. Sumber Link: http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=77&ID=3304.
Dalam kitab al Muntaqa, Syarh Muwathta Maalik:
( فَصْلٌ )
وَقَوْلُهُ أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ ظَاهِرٌ فِي أَنَّهُ لَا
يَجُوزُ أَنْ يَمَسَّ الْقُرْآنَ مُحْدِثٌ وَبِهَذَا قَالَ أَبُو حَنِيفَةَ
وَالشَّافِعِيُّ وَجَمَاعَةُ الْفُقَهَاءِ مِنْ الصَّحَابَةِ وَمَنْ بَعْدَهُمْ
مِنْ التَّابِعِينَ
"Fasal. Sabda Nabi, yaitu: “Tidak boleh menyentuh al Quran kecuali
orang yang suci” adalah zahir bahwasanya orang yang berhadats tidak boleh
menyentuh al Quran. Dengan pendapat ini berkata Abu Hanifah, Asy Syafi’i dan
sejumlah Fuqaha dari shahabat dan yang lainnya dari tabi’in." (al-Muntaqa,
1/475). Sumber kitab: al Muntaqa, Syarh Muwathta Maalik juz I halaman 475,
maktabah syamilah. Sumber link: http://www.yanabi.com/Hadith.aspx?HadithID=57964.
Dalam Kitab Sunan Ad Daaraquthni :
بَابٌ فِيْ
نَهْيِ الْمُحْدِثِ عَنْ مَسِّ الْقُرْآنِ
Bab larangan orang berhadats menyentuh al Quran
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ مُخَلَّدٍ نَا الْحَسَنُ بْنُ أَبِي الرَّبِيْعِ نَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ
أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ بَكْرٍ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ :
كَانَ فِيْ كِتَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لِعَمْرِو بْنِ
حَزْمٍ أَلَّا تَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلَّا عَلَى طُهْرٍ مُرْسَلٌ وَرُوَاتُهُ
ثِقَاتٌ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Mukhallid, telah menceritakan
kepada kami Hasan bin Abi ar-Rabi', telah menceritakan kepada kami Abdur Razaq,
telah mengkhabarkan kepada kami Ma'mar, dari Abdullah bin Abu Bakar, dari bapaknya,
berkata: Adalah terdapat di dalam surat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam
kepada ‘Amr ibn Hazm: “Engkau tidak boleh menyentuh al Quran kecuali dalam
keadaan suci.”. (Hadits) Mursal, semua rawinya tsiqoh. (HR. Daraquthni).
Sumber Kitab: Sunan Addaara Quthni juz I halaman 121. Sumber Link: http://islamport.com/d/1/mtn/1/56/2045.html
Dalam Shahih Ibn Hibban:
وَلَا يَمَسُّ
الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ
"Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." (HR. Ibnu
Hibban). Sumber Kitab: Shahih Ibnu Hibbaan juz 14 halaman 501, hadits nomor
6559, maktabah syamilah. Sumber Link: http://islamport.com/d/1/mtn/1/71/2647.html
Dalam Kitab al Mustadrak:
وَلَا يَمَسُّ
الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ
"Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." (HR. Hakim)
هَذَا حَدِيْثٌ
صَحِيْحٌ
ini Hadits Shahih. Sumber Kitab: Al Mustadrak juz III halaman 479, hadits
nomor 1399, maktabah syamilah. Sumber Link: http://islamport.com/d/1/mtn/1/21/406.html.
(3/479)
Dalam kitab Sunan Kubra lil Baihaqi
5- باب
الْحَائِضِ لاَ تَمَسُّ الْمُصْحَفَ وَلاَ تَقْرَأُ الْقُرْآنَ.
Bab Wanita Haid tidak boleh menyentuh al Quran
1534- أَخْبَرَنَا
عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ أَخْبَرَنَا أَبُو
عَمْرُو بْنُ مَطَرٍ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ عَبْدِ الْجَبَّارِ الصُّوفِىُّ
حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ عَنْ
سُلَيْمَانَ بْنِ دَاوُدَ حَدَّثَنِى الزُّهْرِىُّ عَنْ أَبِى بَكْرِ بْنِ
مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ : أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَتَبَ إِلَى أَهْلِ الْيَمَنِ بِكِتَابٍ فِيهِ
الْفَرَائِضُ وَالسُّنَنُ وَالدِّيَاتُ ، وَبَعَثَ بِهِ مَعَ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ
فَذَكَرَ الْحَدِيثَ وَفِيهِ قَالَ :« وَلاَ يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلاَّ طَاهِرٌ ».
أَرْسَلَهُ غَيْرُهُ وَاللَّهُ أَعْلَمُ.
Telah mengkhabarkan kepada kami Umar bin Abdul Aziz bin Umar bin Qatadah,
telah mengkhabarkan kepada kami Abu 'Amr bin Mathar, telah menceritakan kepada
kami Ahmad bin al-Hasan bin Abdul Jabar ash-Shufi, telah menceritakan kepada
kami Hakam bin Musa, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hamzah, dari
Sulaiman bin Dawud, telah menceritakan kepadaku Zuhri dari Abu Bakr ibn
Muhammad ibn ‘Amr ibn Hazm, dari bapaknya, dari kakeknya: “Sesungguhnya
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menulis kepada penduduk Yaman dengan
surat yang didalamnya ada fardhu, sunnah dan diyat. Beliau mengutus dengan
membawa surat bersaqma ‘Amr ibn Hazm. Rawi menuturkan hadits, dan
didalamnya, beliau bersabda: “Dan jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang
suci." Rawi lainnya meriwayatkannya dalam bentuk hadits mursal. (HR.
Baihaqi). Sumber Kitab: As Sunan al Kubra lil Baihaqi juz I halaman 344, hadits
nomor 1354. Sumber Link: http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=71&ID=1409
Dalam Kitab al Muwaththa:
128 - و
حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي
وَقَّاصٍ عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ أَنَّهُ قَالَ كُنْتُ
أُمْسِكُ الْمُصْحَفَ عَلَى سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ فَاحْتَكَكْتُ فَقَالَ
سَعْدٌ لَعَلَّكَ مَسِسْتَ ذَكَرَكَ قَالَ فَقُلْتُ نَعَمْ فَقَالَ قُمْ فَتَوَضَّأْ
فَقُمْتُ فَتَوَضَّأْتُ ثُمَّ رَجَعْتُ
"Telah menceritakan kepadaku dari Malik, dari Ismail bin Muhammad bin
Sa'ad bin Abi Waqash, dari Mush’ab bin Sa’ad bin Abi Waqqash, bahwasanya dia
berkata: “Aku memegang mushfah di hadapan Sa’ad bin Abi Waqqash lalu aku
menggaruk-garuk kemaluanku”. Beliau lantas berkata, “Engkau menyentuh
kemaluanmu?”. “Benar”, jawabku. Beliau berkata, “Berdirilah lalu berwudhulah”.
Aku lantas bangkit berdiri dan berwudhu lalu aku kembali.”. Sumber Kitab:
Tanwiirul hawaalik juz I halaman 64, cetakan Toha Putera Semarang / Muwaththa
Maalik juz II halaman 58, hadits nomor 128, maktabah syamilah. Sumber link: http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=77&ID=185.
DERAJAT HADITS:
لَا يَمَسُّ
الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ
- Dalam Kitab Majma’uzzawaa`id:
(بَابٌ فِي
مَسِّ الْقُرْآنِ)
Bab Menyentuh al Quran
1512 عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: " لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ ".
"Dari ‘Abdullah ibn ‘Umar, sesungguhnya Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam bersabda: “Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci.”
رَوَاهُ الطَّبَرَانِيُّ
فِي الْكَبِيرِ وَالصَّغِيرِ، وَرِجَالُهُ مُوَثَّقُونَ
HR. Ath Thabarani didalam (al Mu’jam) al Kabir dan ash Shaghir.
Rawi-rawinya tsiqoh semua (Majma Az-Zawaid, 1/276). Sumber Kitab:
Majma’uzzawaa`id lil Hafizh al Haitsami juz I halaman 276, maktabah syamilah.
Sumber Link: http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=87&ID=1523
Dalam Kitab At Talkhiish al Habir:
حَدِيثُ أَنَّهُ
صلى اللَّهُ عليه وسلم قال لِحَكِيمِ بن حِزَامٍ لَا يَمَسُّ الْمُصْحَفَ إلَّا
طَاهِرٌ الدَّارَقُطْنِيُّ وَالْحَاكِمُ في الْمَعْرِفَةِ من مُسْتَدْرَكِهِ وَالْبَيْهَقِيُّ
في الْخِلَافِيَّاتِ وَالطَّبَرَانِيُّ من حديث حَكِيمٍ قال لَمَّا بَعَثَنِي رسول
اللَّهِ صلى اللَّهُ عليه وسلم إلَى الْيَمَنِ قال لَا تَمَسَّ الْقُرْآنَ إلَّا
وَأَنْتَ طَاهِرٌ وفي إسْنَادِهِ سُوَيْدٌ أبو حَاتِمٍ وهو ضَعِيفٌ وَذَكَرَ
الطَّبَرَانِيُّ في الْأَوْسَطِ أَنَّهُ تَفَرَّدَ بِهِ وَحَسَّنَ الْحَازِمِيُّ
إسْنَادَهُ
"Hadits bahwasanya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada
Hakim ibn Hizam “Jangan menyentuh al Mushaf kecuali orang yang suci”. HR.
Addaara Quthyni, al Hakim dalam al Ma’rifah dari Mustadraknya, al Baihaqi dalam
al Khilaafiyyaat, dan ath Thabaranai, dari haditsnya hakiim, berkata: “ Ketika
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam mengutusku ke Yaman, beliau bersabda:
“Jangan engkau menyentuh al Quran kecuali engkau orang yang suci.”. Di
dalam isnadnya ada Suwaid Abu Hatim, dia dha’if. Ath Thabarani menuturkan bahwa
dia (Suwaid) menyendiri. Dengan hadits tersebut. Al Hazimi menghasankan isnad
hadits tersebut." (At-Talkhis al-Habir, 1/131). Sumber Kitab: At Talkhiis
al Habiir lil Hafizh Ibn Hajar juz I halaman 131, maktabah syamilah. Sumber
Link: http://www.kl28.com/knol2/?p=view&post=163262
DALAIL DARI KITAB FIQH
Dalam kitab al Majmu’, Syarh al Muhadzdzab:
فِيْ مَذَاهِبِ
الْعُلَمَاءِ فِيْ مَسِّ الْمُصْحَفِ وَحَمْلِهِ مَذْهَبُنَا تَحْرِيْمُهُمَا
وِبِه قَاَل أَبُوْ حَنِيْفَةَ وَمَاِلٌك وَأَحْمَدُ وَجُمْهُوْرُ الْعُلَمَاءِ
"Didalam Madzhab Ulama tentang menyentuh dan membawa Mushaf. Madzhab
kami keduanya haram, dan dengan pendapat ini berkata Abu Hanifah, Malik, Ahmad
dan jumhur ulama." (Al-Majmu', 2/72). Sumber Kitab: Dalam kitab al Majmu’,
Syarh al Muhadzdzab juz II halaman 72, maktabah syamilah. Sumber Link: http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=14&ID
Dalam Kitab al Haawi Lil Maawardi:
مَسْأَلَةٌ : وُجُوبُ الطَّهَارَةِ لِحَمْلِ الْمُصْحَفِ وَمَسِّهِ
"Masalah : Wajibnya bersuci untuk mebawa dan menyentuh Mushaf.
قَالَ الشَّافِعِيُّ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ : وَلَا يَحْمِلُ الْمُصْحَفَ وَلَا يَمَسُّهُ إِلَّا
طَاهِرً
Imam Syafi’i radhiyallaahu ‘anhu berkata: “Jangan membawa dan menyentuh al
Mushaf kecuali orang yang suci.” (Al-Hawi lil Marwadi, 1/143). Sumber Kitab: Al
Haawi lil Mawardi juz I halaman 143, maktabah syamilah. Sumber Link: http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=69&idto=78&bk_no=94&ID=50.
Dalam Kitab Majmuu’ul Fatawa:
وَسُئِلَ : هَلْ يَجُوزُ مَسُّ الْمُصْحَفِ بِغَيْرِ وُضُوءٍ أَمْ لَا ؟ .
فَأَجَابَ :
مَذْهَبُ الْأَئِمَّةِ
الْأَرْبَعَةِ أَنَّهُ لَا يَمَسُّ الْمُصْحَفَ إلَّا طَاهِرٌ كَمَا قَالَ فِي
الْكِتَابِ الَّذِي كَتَبَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ : { أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إلَّا طَاهِرٌ } . قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَد : لَا شَكَّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَتَبَهُ لَهُ وَهُوَ أَيْضًا قَوْلُ سَلْمَانَ
الْفَارِسِيِّ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ وَغَيْرِهِمَا . وَلَا يُعْلَمُ
لَهُمَا مَنْ الصَّحَابَةِ مُخَالِفٌ .
"Ibnu Taimiyyah ditanya: "Apakah boleh menyentuh Mushaf tanpa
wudhu ?". Beliau menjawab : “Pendapat imam mazhab yang empat, mushaf al
Qur’an tidak boleh disentuh melainkan oleh orang yang suci sebagaimana dalam
surat yang dikirimkan oleh Rasulullah kepada ‘Amr bin Hazm,
أَنْ لَا
يَمَسَّ الْقُرْآنَ إلَّا طَاهِرٌ
“Tidak boleh menyentuh mushaf kecuali orang yang suci”. Imam Ahmad
mengatakan, “Tidaklah diragukan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah
menuliskan surat tersebut kepada ‘Amr bin Hazm.”. Dan ini juga pendapat Salman
al Farisi, Abdullah bin Umar dan yang lainnya. Tidak diketahui adanya sahabat
lain yang menyelisihi pendapat dua sahabat ini”. (Majmu' Al-Fatawa li Ibni
Taimiyah, 21/266). Sumber Kitab: Kitab:Majmu’ul Fatawa juz 21 halaman 266.
Sumber Link: http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=22&ID=1452&idfrom=2241&idto=2282&bookid=22&startno=18
Kalau kita membawa al Qur`an saat bepergian terus dimasukkan kedalam tas
saat membawanya boleh nggak ? Boleh bila niatnya semata-semata membawa TAS.
Bila niatnya membawa alquran yang di dalamnya atau membawa TAS dan alqurannya
maka haram..
وَإِذَا كَانَ
الْمُصْحَفُ مَوْضُوْعًا فِيْ أَمْتِعَةِ الْمَنْزِلِ . فِيْ صُنْدُوْقٍ أَوْ مَلَابِسَ
أَوْ نَحْوِ ذَلِكَ فَإِنَّهُ لَا يَحِلُّ حَمْلُ هَذِهِ الْأَمْتِعَةِ بِدُوْنِ
وُضُوْءٍ إِلَّا إِذَا كَانَتْ هِيَ مَقْصُوْدَةً بِالْحَمْلِ وَحْدَهَا فَإِذَا
قُصِدَ حَمْلُ الْمُصْحَفِ مَعَهَا أَوْ قُصِدَ حَمْلُهُ وَحْدَهُ حَرُمَ ذَلِكَ
بِدُوْنِ وُضُوْءٍ
"Bila Mushaf diletakkan pada sebuah peralatan-peralatan rumah dalam
kotak atau pakaian atau lainnya maka tidak boleh membawa peralatan ini tanpa
wudhu kecuali bila peralatannya yang menjadi tujuannya dalam membawanya, bila
tujuannya membawa alquran yang ada didalamnya atau bertujuan membawa quran dan
peralatannya maka haram membawanya tanpa wudhu." (Al-Fiqhu 'ala Madzahib
al-Arba'ah, 1/48). Sumber Kitab: Al Fiqhu ‘Alal Madzaahibil Arba’ah juz I
halaman 48, maktabah syamilah. Sumber Link: http://islamport.com/d/2/fqh/1/29/309.html.
فَائِدَةٌ : يَجُوْزُ حَمْلُ الْمُصْحَفِ مَعَ الْمَتَاعِ وَإِنْ صَغُرَ
جِدًّا ، قَالَ ب ر : وَلَوْ خَيْطَ
إِبْرَةٍ لَكِنْ بِقَصْدِ الْمَتَاعِ فَقَطْ ، وَكَذَا مَعَ الْإِطْلَاقِ خِلَافاً
لِلتُّحْفَةِ ، بَلْ أَوْ بِقَصْدِهِمَا عِنْدَ (م ر) اهـ كُرْدِيْ
"Faidah:
Diperbolehkan membawa mushaf besertaan di dalam kotak meskipun berukuran sangat
sempit. Imam al-Barmawi berkata: Meskipun berupa tidak lebih dari barang hasil
jahitan jarum tapi dengan kondisi hanya dikehendaki membawa kotak tersebut,
begitu juga bila tanpa tujuan apapun, berlainan dengan pendapat dalam kitab
Tuhfah, bahkan boleh ketika dikehendaki membawa keduanya (mushaf dan kotaknya)
menurut pendapat Imam Ramli. Selesai fatwa Sulaiman al-Kurdi." (Bughyah
al-Mustarsyidin: 26). Sumber Kitab: Bughyatul Mustarsyidin halaman 26, cetakan
al ‘Alawiyyah Semarang / halaman 52, maktabah syamilah. Sumber Link: http://www.kl28.net/knol6/?p=view&post=1046746&page=12. Wallaahu A’lamu bishshawaab.
No comments:
Post a Comment