Friday 9 January 2015

Puasa Ala Nabi Daud as

PERTANYAAN :

Assalamu alaikum wr wb kakak2 admin, Mey mau tnya ttg puasa daud, fadillah dan kedudukannya apa sama dgn puasa senin kamis, syukron...

JAWABAN :

Masaji Antoro

Waalaikumsalam wr wb. Bagi orang yang mampu dan kuat menjalani puasa lebih banyak dalam sebulan tentu yang lebih baik seperti dasar dalam kaidah fiqih : “maa kaana aktsaru fi’lan kaana aktsaru fadhlan”, artinya “Semakin banyak suatu ibadah dilakukan maka semakin besar fadhilah/pahalanya”.) asal semuanya dilakukan dengan kesungguhan dan keikhlasan. Berikut dalil anjuran puasa daud dari Nabi Muhammad SAW :
حدثنا آدم حدثنا شعبة حدثنا حبيب بن أبي ثابت قال سمعت أبا العباس المكي وكان شاعرا وكان لا يتهم في حديثه قال سمعت عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنهما قال قال النبي صلى الله عليه وسلم إنك لتصوم الدهر وتقوم الليل فقلت نعم قال إنك إذا فعلت ذلك هجمت له العين ونفهت له النفس لا صام من صام الدهر صوم ثلاثة أيام صوم الدهر كله قلت فإني أطيق أكثر من ذلك قال فصم صومداود عليه السلام كان يصوم يوما ويفطر يوما ولا يفر إذا لاقى
قال الزين بن المنير : أفرد ترجمة صوم يوم وإفطار يوم بالذكر للتنبيه على أفضليته ، وأفرد صيام داود - عليه السلام - بالذكر للإشارة إلى الاقتداء به في ذلك .
Dari Adam dari Sya’bah dari Habib Bin Abi Tsabit “aku mendegar dari Abdullah bin ‘Amr bin al ‘Ash berkata,”Aku memberitahu Rasulullah saw bahwa aku mengatakan,’Demi Allah aku akan puasa sepanjang siang dan sholat sepanjang malam seumur hidupku.’ Maka Rasulullah saw berkata kepadanya,’Apakah kamu yang mengatakan,’Demi Allah aku akan berpuasa sepanjang siang dan sholat sepanjang malam seumur hidupku.’ Aku mengatakan,’Sungguh aku yang mengatakannya.’ Beliau bersabda,’Sesungguhnya engkau tidak akan sanggup untuk itu maka berpuasalah dan berbukalah, sholat malamlah dan tidurlah. Berpuasalah tiga hari dalam sebulan maka sesungguhnya suatu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat yang sepertinya dan hal itu seperti berpuasa sepanjang masa.’ Aku mengatakan,’Sesungguhnya aku sanggup melakukan yang lebih dari itu wahai Rasulullah.’ Beliau saw bersabda,’Berpuasalah sehari dan berbukalah dua hari.’ Aku mengatakan,’Sesungguhnya aku sanggup melakukan yang lebih dari itu.’ Beliau bersabda,’Berpuasalah sehari dan berbukalah sehari. Ini adalah puasa Daud dan ini puasa yang paling baik.’ Aku mengatakan,’Sesungguhnya aku sanggup melakukan yang lebih dari itu wahai Rasulullah.’ Beliau bersabda,’Tidak ada yang lebih utama darinya.” (HR. Bukhori hadits no 1878).
Berkata Zain Bin Munir : Imam Bukhori menyendirikan Bab Puasa Daud (puasa sehari dan berbuka sehari karena mengingatkan akan keutamaan puasanya, dan penyendirian penuturkan Puasa daud oleh baginda Nabi Muhammad SAW memberikan isarat agar didikuti dan di jalani. [ Fath Albaari IV/225 ].

PERTANYAAN :

Yai Masaji: Mantab yai ;-) Btw ad syarat gk utk puasa nabi daud tsb?misalkan dr niat dan lama wkt puasa (contoh: minimal 1thn). Mohon penginclongannya yai :-)

JAWABAN :

Masaji Antoro

‎@ Kang Ian Saputra ~ Seperti dalam kaidah fiqh diatas “maa kaana aktsaru fi’lan kaana aktsaru fadhlan”, kalaupun mampu dilakukan sepanjang hayat tentu lebih bagus ketimbang dalam jangka waktu tertentu, dalam keterangan di sebuah kitab adariwayat hadits yang menyatakan bahwa nabi Daud tidak membatasi puasanya kecuali di bulan rajab.
إنَّ أَفْضَلَ الصِّيَامِ صِيَامُ أَخِي دَاوُد كان يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا وكان دَاوُد يَصُومُ
من غَيْرِ تَقْيِيدٍ بِمَا عَدَا رجب ( ( ( رجبا ) ) ) من الشُّهُورِ
Alfataawii alfiqhiyah kubro II/54
Saat terjadi benturan antara puasa ala nabi daud dan puasa senin kamis (misalkan pas hari senin/kamis mestinya bila menyesuaikan siklus puasa daudnya dia ifthoor/ tidak puasa, padahal senin dan kamis termasuk hari yang disunahkan puasa) yang afdhol menurut Imam Romli menjalani puasa senin dan kamis
وسئل الشهاب م ر عمن يصوم يوماً ويفطر يوماً فوافق يوم فطره يوماً مما يطلب صومه كيوم الاثنين أو الخميس هل فطره أفضل أم صومه ولا يخرج بذلك عن صوم يوم وفطر يوم ؟ فأجاب بأن الأفضل صومه ولا يخرج به عما ذكر اه م د .
Tuhfah alHabiib III/156
Begitu juga saat siklus puasa daudnya berbenturan dengan berpuasa di hari jumat yang padahal menyendirikan puasa hari jumat hukumnya makruh, maka baginya juga tidak di makruhkan puasa dihari jumat
( قَوْلُهُ وَإِنَّمَا زَالَتْ الْكَرَاهَةُ بِضَمِّ غَيْرِهِ إلَيْهِ ) ( قَوْلُهُ إذَا وَافَقَ عَادَةً ) أَيْ : كَأَنْ كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا فَوَافَقَ يَوْمَ صَوْمِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ نِهَايَةٌ وَمُغْنِي وَإِيعَابٌ
Tuhfah alHabiib XIV/87

PERTANYAAN :

Trus seyogya nya gmn kak masaji ? Seumpa du lu mey aktif puasa senin kamis, karena mey ingin jalanin puasa daud mey stop puasa senin kamisnya apakah itu baik... ?

JAWABAN :

Masaji Antoro

Itu sudah masuk dalam keterangan diatas Ning. Saat terjadi benturan antara puasa daud dan puasa senin kamis (misalkan pas hari senin/kamis mestinya bila menyesuaikan siklus puasa daudnya dia ifthoor/ tidak puasa, padahal senin dan kamis termasuk hari yg disunahkan puasa) yang afdhol menurut Imam Romli menjalani puasa senin dan kamis.
وسئل الشهاب م ر عمن يصوم يوماً ويفطر يوماً فوافق يوم فطره يوماً مما يطلب صومه كيوم الاثنين أو الخميس هل فطره أفضل أم صومه ولا يخرج بذلك عن صوم يوم وفطر يوم ؟ فأجاب بأن الأفضل صومه ولا يخرج به عما ذكر اه م د .
Tuhfah alHabiib III/156
Artinya dua-dua jalan dan bisa di kerjakan bersama-sama, ntar pas hari puasa daud kebetulan hari senin/kamis, niatin puasa senin/kamis sekalian, pas kebeneran dipuasa daud lagi tidak puasa tapi bertepatan hari senin/kamis, jalanin aja puasa senin/kamisnya sesuai keterangan kitab di atas....^_^

PERTANYAAN :

Alhamdulillah..inilah pertanyaan yg tlh beberapa kali sy tanyakan ke bbrp ustadz yg dekat dg sy disini tp beliau blm jg memberikan jwban krn blm tau pasti ttg jwban yg sy tanyakan. Eh disini sy dpt jwbannya. Jd sekali lg misalnya saya selama ini rutin puasa senin kamis tp sy ingin ada peningkatan mk sy puasa daud.
Jadi boleh ya mencampurkan puasa senin kamis dg puasa daud?maksudnya bgni :
Senin puasa,selasa tdk,rabu puasa,kamis kan hrsnya tdk puasa ya ustadz (jk sesuai siklus puasa daud) tp kamisnya sy tetap puasa dg niat puasa senin kamis (boleh tdk?atau sebaiknya jgn puasa sesuai siklus puasa daud yg sy jalani?) lalu sy melanjutkan puasa daud lg..mk jumat tdk puasa (krn di kamisnya sy sudah puasa/puasa senin kamis) atau jumatnya tetap puasa sesuai siklus puasa daud yg seharusnya?.. Jk seperti itu terus kan berarti bukan sehari puasa sehari tdk,krn pasti menemui waktu dmna ada hari senin/kamis yg seharusnya tdk puasa tp sy tetap puasa (puasa senin kamis) shg siklus puasanya jd : misal jumat puasa,sabtu tdk,minggu puasa,senin puasa lg (krn senin kamis) dan selasa tdk puasa,rabu puasa,kamis puasa lg (pdhl jk di puasa daud kan hrsnya tdk puasa)..pdhl diatas dijelaskan puasa yg terbaik adlh sehari puasa&sehari berbuka...yg benar hrs sy lakukan bgmna ustadz? Teerimakasih banyak atas penjelasannya.

JAWABAN :

Masaji Antoro

Ning Cut Zavheera Berlindung PadaNya ~ Maaf ana ngga lihat kalau ada pertanyaan dari anda.... Pertanyaan Ning sebenarnya telah terjawab dalam dokumen di atas,,  ana cuba urai kembali.
 
وسئل الشهاب م ر عمن يصوم يوماً ويفطر يوماً فوافق يوم فطره يوماً مما يطلب صومه كيوم الاثنين أو الخميس هل فطره أفضل أم صومه ولا يخرج بذلك عن صوم يوم وفطر يوم ؟ فأجاب بأن الأفضل صومه ولا يخرج به عما ذكر اه م د .
 
"Syaikh Sihab Arromli ditanya oleh orang yang membiasakan menjalani puasa daud (sehari puasa dan sehari berbuka) yang kemudian saat berbukanya bertepatan dengan hari yang di anjurkan untuk berpusa seperti hari senin atau kamis,
Apakah berbukanya dia (karena mengikuti siklus puasa daudnya) lebih utama ?
Atau puasanya dia (karena menjalani anjuran berpuasa senin/kamis meskipun berarti tidak mengikuti siklus puasa daud) lebih utama ?
Apakah saat dia menjalani puasa (karena menjalani anjuran berpuasa senin/kamis meskipun berarti tidak mengikuti siklus puasa daud) tidak berarti keluar dari aturan yang ada dalam siklus puasa daud ?". Imam Romli menjawab : "Puasa dia (karena menjalani anjuran berpuasa senin/kamis meskipun berarti tidak mengikuti siklus puasa daud) itu lebih utama dan yang demikian tidak berarti dia keluar dari aturan yang ada dalam siklus puasa daud".
Sumber : Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah

No comments:

Post a Comment