Mayoritas Ulama Fuqoha
(ahli fiqh) yang terdiri dari kalangan Hanafiyyah, Hanabilah, dan satu pendapat
dari Syafiiyah (pada qaul jadiid) mengakhirkan sholat isya hingga sepertiga
malam hukumnya disunahkan, berkata Az-Zaila’ii banyak hadits menerangkan tentang
kesunahannya, ini adalah pendapat paling dominannya ahli ilmu dari para shahabat
dan tabi’iin, diantara hadits yang menunjukkannya adalah sabda Nabi Muhammad
shallallaahu ‘alaihi wa sallam riwayat Abu Hurairoh ra. : “Andaikan aku tidak
menghawatirkan memberi kesulitan pada umatku niscaya aku perintahkan pada mereka
untuk mengakhirkan sholat isya hngga sepertiga malam atau separuh malam”. (HR
Turmudzi I/310-312, Ibnu Maajah I/226, Ahmad Bin Hanbal II/250, Hakim dalam
mustadaroknya I/146).
Kalangan Hanafiyyah memberi
batasan kesunahan mengakhirkan sholat isya diatas pada saat musim dingin sedang
saat musim panas justru disunahkan mengawalkan sholat isya’. (Ibnu ‘Abidiin
I/146).
Kalangan malikiyyah memilih
yang lebih utama bagi orang yang sholat sendirian atau berjamah bersama
orang-orang yang tidak bisa dinanti kedatangannya mengawalkan sholat walaupun
itu sholat isya setelah yakin masuk waktunya. (Syarh alKabiir maa Hasyiyah
ad-daasuqi I/180).
Dan tidak dianjurkan
mengakhirkan sholat isya hingga sepertiga malam terakhir kecuali bagi orang yang
memiliki kesibukan penting, seperti menjalankan pekerjaannya, atau karena ada
udzur (halangan) seperti sakit dll. Hanya saja menurut mereka (kalangan
malikiyyah) dianjurkan mengakhirkan sholat isya dalam tempo waktu sedikit guna
mengumpulkan orang yang hendak jamaah. (AlFawaakih ad-Dawaany I/197).
Keutamaan menjalankan
sholat di awal waktu meskipun sholat isya ini juga merupakan pendapat
syafi’iyyah pada Qaul lainnya (qaul qadiim), an-Nawaawy berkata “Yang lebih
utama dari dua qaul (pendapat syafi'i ini) menurut kalangan syafiiyah adalah
mengerjakan sholat isya di awal waktu hanya saja keutamaan mengakhirkan isya
memang memiliki dalil yang kuat. (Mughni alMuhtaaj I/125, 126 dan alMajmu li
an-Nawaawy III/57). Wallahu A’lamu Bis Showaab..
No comments:
Post a Comment