Monday 12 January 2015

Hadits Tentang Makanan Haram

Assalamualaikum, selamat datang teman-teman ke blog saya. Setelah saya memposting Introspeksi Diri Melalui Al-Qur'an. Dalam kesempatan kali ini saya akan memposting hadits tentang makanan. Makanan merupakan kebutuhan pokok kita. Setiap hari kita membutuhkan makanan atau nutrisi sebagai kekuatan kita untuk menjalankan amanah dari Allah swt. Tentunya banyak sekali makanan yang beredar di sekeliling kita. Yang jelaspastinya kita makan makanan yang halal lagi baik kan sesuai dengan petunjuk Allah dan rosul-Nya. 
 
 berikut beberapa hadits mengenai makanan :

Hadits No. 1346



Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Setiap binatang buas yang mempunyai gigi taring adalah haram dimakan." Riwayat Muslim.
 
َعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( كُلِّ ذِي نَابٍ مِنْ اَلسِّبَاعِ, فَأَكَلَهُ حَرَامٌ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ



Hadits No. 1347



Muslim juga meriwayatkan dari hadits Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu dengan lafadz -melarang-, dan ditambah: "Dan setiap burung yang mempunyai kaki penerkam."
 
َوَأَخْرَجَهُ: مِنْ حَدِيثِ اِبْنِ عَبَّاسٍ بِلَفْظٍ: نَهَى وَزَادَ: ( وَكُلُّ ذِي مِخْلَبٍ مِنْ اَلطَّيْرِ )



Hadits No. 1348



Jabir Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pada waktu perang Khaibar melarang makan daging keledai negeri dan membolehkan daging kuda. Muttafaq Alaihi. Menurut riwayat Bukhari: Memberikan keringanan.
 
َوَعَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: ( نَهَى رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ خَيْبَرَ عَنْ لُحُومِ اَلْحُمُرِ اَلْأَهْلِيَّةِ, وَأْذَنْ فِي لُحُومِ اَلْخَيْلِ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَفِي لَفْظِ اَلْبُخَارِيِّ: ( وَرَخَّصَ ) َ

Terimakasih untuk kunjungannya teman-teman semoga bermanfaat, dishare ya ke media socialnya :) biar salaing mengingatkan :)


















No comments:

Post a Comment