PERTANYAAN :
Maya Puspita
Assalamu'alaikum. Dalam membaca kitab suci al qur'an ataupun memegangnya
apakah wanita harus dalam keadaan suci ( tidak sedang haid-menstruasi ) dan
mestikah harus berkeadaan belum batal dari wudhu kita ? Jazzakallah khoer.
JAWABAN :
Masaji Antoro
Wa’alaikumsalam wr wb. HUKUM MEMEGANG ALQURAN TANPA KEADAAN SUCI
وَاتَّفَقَ الْفُقَهَاءُ
عَلَى ُأَنَّ غَيْرَ الْمُتَوَضِّئِ يَجُوْزُ لَهُ تِلَاوَةُ الْقُرْآنِ أَوِ
النَّظَرُ إِلَيْهِ دُوْنَ لَمْسِهِ، كَمَا أَجَازُوْا لِلصَّبِيِّ لَمْسَ
الْقُرْآنِ لِلتَّعَلُّمِ؛ لِأَنَّهُ غَيْرُ مُكَلَّفٍ، وَالْأَفْضَلُ اَلتَّوَضُّؤُ.
وَقَدْ حَرَّمَ الْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ مَسَّ الْقُرْآنِ بِالْحَدَثِ
الْأَصْغَرِ وَلَوْ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ، وَأَجَازَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ
مَسَّهُ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ طَاِهِرَيْنِ.
"Para Ulama Ahli Fiqh (Hanafiyah, Syafi’iyyah, malikiyyah dan
hanabilah) sepakat membolehkan membaca alQuran atau sekedar melihatnya meskipun
tanpa wudhu tapi tidak menyentuhnya, mereka juga sepakat bagi anak-anak kecil
juga dibolehkan memegang al Quran untuk belajar karena mereka masih belum
mukallaf namun yang utama tetap memakai wudhu. Kalangan Malikiyyah dan
Syafi’iyyah mengharamkan memegang al Quran saat seseorang menanggung hadats
kecil meskipun memakai sarana ha`il (penghalang) atau kayu (tidak menyentuhnya
secara langsung) namun kalangan Hanafiyyah dan Hanabilah membolehkannya asalkan
penghalang dan kayunya suci dari najis." (Fiqhul Islamy, 1/395). Sumber
Kitab : Al Fiqhul Islaamy wa Adillatuhuu 1/395. Sumber Link: http://www.ea4nt.com/fkhislami/taharawsalah9.php
DALIL DARI AL QURAN
إِنَّهُ لَقُرْآَنٌ
كَرِيْمٌ (77) فِيْ كِتَابٍ مَكْنُوْنٍ (78) لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُوْنَ
(79) تَنْزِيْلٌ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ (80
“Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang
terpelihara, tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan, diturunkan
dari Rabbil ‘alamiin” (QS Al Waqiah 77-80). Dalam Tafsir Jalalain diterangkan:
"لَا يَمَسُّهُ"
خَبَرٌ بِمَعْنَى النَّهْي "إِلَّا الْمُطَهَّرُوْنَ" الَّذِيْنَ طَهَّرُوْا
أَنْفُسَهمْ مِنْ الْأَحْدَاثِ
“LAA YAMASSUHUU” berupa khabar dengan makna larangan, sedang “ ILLAL
MUTHAHHARUUN” adalah orang-orang yang mensucikan dirinya dari hadats. Sumber
kitab: Tafsir Jalalain (bersama Hasyiyah Showi juz IV halaman 166, cetakan Daar
Ihyaa al Kutub al ‘Arabiyyah) / halaman 717, maktabah syamilah. Sumber Link : http://islamport.com/d/1/tfs/1/35/1753.html.
Dalam Tafsir Ibn Katsier:
وَقَالَ آخَرُوْنَ
" لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُوْنَ" أَيْ مِنْ الْجَنَابَةِ وَالْحَدَثِ
قَالُوْا وَلَفْظُ الْآيَةِ خَبَرٌ وَمَعْنَاهَا الطَّلَبُ قَالُوْا وَالْمُرَادُ
بِالْقُرْآنِ هَهُنَا الْمُصْحَفُ كَمَا رَوَى مُسْلِمٌ عَنْ اِبْنِ عُمَرَ أَنَّ
رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى أَنْ يُسَافَر بِالْقُرْآنِ
إِلَى أَرْضِ الْعَدُوِّ مَخَافَةَ أَنْ يَنَالَهُ الْعَدُوُّ . وَاحْتَجُّوْا فِي ذَلِكَ بِمَا رَوَاهُ الْإِمَامُ مَالِكٌ
فِي مُوَطَّئِهِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْن أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو
بْنِ حَزْمٍ أَنَّ فِي الْكِتَابِ الَّذِيْ كَتَبَهُ رَسُوْلُ اللهُ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ " أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ
إِلَّا طَاهِرٌ " وَرَوَى أَبُوْ دَاوُد فِيْ الْمَرَاسِيْلِ مِنْ حَدِيْثِ
الزُّهْرِيِّ قَالَ قَرَأْتُ فِي صَحِيْفَةٍ عِنْدَ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ
بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ " وَلَا يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ " وَهَذِهِ وِجَادَةٌ
جَيِّدَةٌ قَدْ قَرَأَهَا الزُّهْرِيُّ وَغَيْرُهُ وَمِثْلُ هَذَا يَنْبَغِي
الْأَخْذُ بِهِ وَقَدْ أَسْنَدَهُ الدَّارَقُطْنِيّ عَنْ عَمْرو بْن حَزْم وَعَبْد
اللَّه بْن عُمَر وَعُثْمَان بْن أَبِي الْعَاصِ وَفِي إِسْنَادِ كُلٍّ مِنْهَما
نَظَرٌ واللهُ أَعْلَمُ
"Ulama lain mengatakan : LAA YAMASSUHUU ILLAL MUTHAHHARUUN, Maksudnya
(orang-orang yang suci) dari janabah dan dari hadats. Mereka berkata bahwa yang
dikehendaki al Quran disini adalah al Mushaf sebagaimana hadits yang
diriwayatkan oleh Muslim dari Ibnu ‘Umar bahwasanya Rasulullah shallallaahu
‘alaihi melarang membawa Al Qur'an ke negeri musuh, karena beliau khawatir
apabila nantinya akan diambil musuh. Mereka berhujjah dengan hadits yang
diriwayatkan oleh Imam Malik dalam kitab Muwaththa` dari ‘Abdullah ibn Abi Bakr
ibn Muhammad ibn ‘Amr ibn Hazm, bahwasanya didalam kitab (surat) yang ditulis
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam kepada ‘Amr ibn Hazm: “Tidak boleh
menyentuh al Quran kecuali orang yang suci.”
Dan Abu Dawud meriwayatkan dalam al Maraasil dari haditsnya az Zuhri,
berkata: “Aku membaca di dalam Shahifah (lembaran) disisi Abu Bakr ibn Muhammad
ibn ‘Amr ibn Hazm sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
bersabda: WA LAA YAMASSU AL QUR`AANA ILLAA THAAHIRUN.” (dan tidak boleh
menyentuh al Quran kecuali orang yang suci). Ini adalah penemuan tertulis yang
bagus, yang telah dibacakan oleh Az Zuhri dan yang lainnya. Seperti inilah yang
seyogyanya diambil (diamalkan). Imam Daraquthni mengambil sanad hadits tersebut
dari 'Amr bin Hazm, dan Abdullah bin Umar, dan Utsman bin Abi al-'Ash. Setiap
jalur sanad dari Abu Dawud dan Daraquthni ini perlu ditinjau ulang."
(Tafsir Ibnu Katsir, 7/545). Sumber Kitab: Tafsir Ibnu Katsier juz VII halaman
545, maktabah syamilah. Sumber
Link: http://www.mtwer.com/Quran/t-56-1-79.html
Link: http://www.mtwer.com/Quran/t-56-1-79.html
No comments:
Post a Comment